Cara Mencuci Muka yang baik

Mencuci muka adalah kegiatan yang sering kali kita lakukan baik itu di pagi hari, sehabis beraktifitas, sehabis berdandan, dan masih banyak lagi kegiatan yang mengharuskan kita untuk mencuci muka. Karena seringnya mencuci muka, seringkali kita menyepelekan arti dari mencuci muka itu sendiri; khususnya para kaum hawa (Pria). Padahal kalau kita bisa mencuci muka dengan baik dan benar, kulit muka kita akan memancarkan aura dan kesegarannya di setiap saat. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam mencuci muka :

  1. Mengikat rambut ke belakang
    Ikatlah rambut kebelakang dengan menggunakan bando atau jepit rambut agar tidak menghalangi proses mencuci muka. Pastikan akses ke daun telinga dan leher tidak terhalang.
  2. Mencuci tangan dengan sabun anti bakteri
    Sebelum menyentuh wajah kita, Wajib mencuci tangan kita dahulu dengan menggunakan sabun anti bakteri agar bakteri di tangan tidak berpindah ke muka.
  3. Basahkan muka
    Mulailah dengan membasahi muka dengan air hangat atau uap air (steam) agar pori-pori kulit kita terbuka.
  4. Tuang Pembersih Muka
    Tuang sedikit pembersih muka yang lembut untuk muka di tangan kita yang agak basah dan ratakan dengan kedua tangan. Jangan menggunakan pembersih muka yang terlalu keras dan membuat kering muka karena akan mengakibatkan kelenjar minyak di muka bekerja keras menghasilkan minyak yang lebih banyak lagi. Sebaiknya jangan menggunakan sabun karena sifatnya yang terlalu keras dan sulit untuk dibersihkan.
  5. Usapkan diseluruh muka
    Secara lembut, usapkan pembersih muka yang di tangan kita keseluruh wajah kita, dan dengan menggunakan ujung jari, pijat2 sudut di wajah kita. Gosokkan selama 30 detik daerah disekitar rambut kening wajah.  Lalu ambil perhatian lebih di area T yaitu kening, hidung, tulang pipi, mulut, dan dagu. Gosok bagian leher ke arah atas. Jangan gosok terlalu lama di bagian belakang telinga karena di daerah itu terdapat kelenjar minyak.
  6. Bilas Muka
    Bilaslah muka dengan menggunakan air hangat, jangan menggunakan air yang terlalu dingin karena dapat memecahkan kapilari.
  7. Keringkan Muka
    Keringkan muka anda dengan menggunakan handuk yang lembut secara perlahan-lahan. Gunakan handuk yang berbahan linen karena lebih lembut.
  8. Toner & Astringent
    Apabila memiliki pori-pori yang besar, maka sebaiknya ditambahkan toner atau astringent setelah selesai dikeringkan. Toner dan astringent juga dapat membantu membersihkan muka lebih bersih lagi.
  9. Pelembab
    Gunakan pelembab setelah dikeringkan. Pelembab berguna untuk melembabkan kulit karena dalam proses pencucian muka, kulit sudah kehilangan kandungan minyak. Pelembab digunakan untuk menjaga agar kadar air di permukaan kulit tetap terjaga sehingga kulit kelihatan lebih segar dan bercahaya.
  10. Cream Mata
    Gunakan cream mata di area sekitar mata karena di area tersebut tidak terdapat kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Area ini harus diperlakukan khusus karena berbeda dari area lainnya.
  11. Memeriksa wajah
    Setiap pagi dan malam dianjurkan untuk selalu memeriksa wajah kita apakah menunjukkan perkembangan yang baik atau tidak. Apabila mengalami masalah, maka disarankan untuk menghubungi ahli kulit atau dokter kulit terdekat.

Sumber : http://tipsmerawatwajah.com

About these ads

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s