Buanglah MakeUp anda Pada Waktunya

Punya rangkaian makeup favorit? Rasanya hampir semua perempuan, minimal punya satu dua alat kosmetik favorit andalannya. Hanya saja, kadang dengan banyaknya alat makeup yang dimiliki, ada beberapa makeup yang sudah kadaluarsa tanpa disadari dan tetap dipakai. Hentikan, ya! Pelajari yuk kapan kira-kira kita sudah harus berhenti menggunakan sebuah produk kosmetik.

Makeup mata

Makeup untuk mata memiliki daya tahan yang paling pendek dibandingkan produk kecantikan lainnya. Dermatologis bahkan menganjurkan untuk membuang produk makeup mata setiap tiga bulan sekali. Ini termasuk maskara, eyeliner dan eyeshadow. Kemasan maskara ataupun produk khusus mata lainnya bisa mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi mata yang parah. Jadi jangan menunggu sampai mengering sebelum dibuang ya!

 

Foundation dan Concealer

Tetap menggunakan foundation atau concealer selama lebih dari satu tahun dapat berakibat buruk pada kulit. Jika Anda merasa satu tahun terlalu cepat untuk membuang foundation kesayangan, jangan salah, justru hanya foundation yang berbasis air yang dapat digunakan hingga setahun. Bila foundation atau concealer yang Anda gunakan sudah terlihat menggumpal apalagi mengeras dan mengerak, wow, tanda bahaya! Buang segera, ya!

Produk bubuk (Bedak dan sejenisnya)

Bedak dan bronzer, juga produk lain yang sejenis, dapat bertahan hingga sekitar dua tahun. Bila bronzer atau blush on Anda sudah mulai memudar ataupun menggelap, tandanya sudah harus dibuang. Tentunya, baketeri tetap dapat menumpuk terutama pada bedak padat, maka pastikan Anda teratur menyapukan lapisan paling atas untuk dibersihkan.

Pewarna bibir

Ketahanan lipstik ataupun lipgloss umumnya sekitar 6 bulan. Produk ini memang mungkin belum kadaluarsa dalam waktu 6 bulan, tapi dalam waktu 6 bulan ada kemungkinan besar bahwa bakteri dan kuman mengendap. Kadang, ada yang lupa kapan membeli produk pewarna bibir ini. Cara yang bisa dilakukan adalah mencium tube lipstik ataupun lipglossnya, dan bila tercium seperti krayon ataupun ada bau lembab, buang segera! Lipgloss dengan kemasan yang harus ditekan saat digunakan biasanya bertahan lebih lama. Jika Anda ingin berhemat, disarankan membeli type ini.

Pembersih dan Pelembab

Jangan terlalu irit menggunakan pembersih dan pelembab, karena ketahanannya umumnya hanya 6 bulan saja! Bahaya yang bisa terjadi bila menyimpan pembersih muka dan pelembab lebih lama dari 6 bulan adalah asam lemak yang umumnya merupakan bahan dari produk ini akan rusak setelah 6 bulan, dan bisa mengakibatkan alergi ataupun kerusakan kulit yang lebih parah. Kalau ini sudah terjadi, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati kulit akan jauh lebih mahal!

Untuk dapat menjaga ketahanan produk makeup Anda, maka penyimpanannya harus diperhatikan. Penting untuk meletakkan produk makeup di tempat yang dingin atau sejuk. Tidak masalah apakah diletakkan di dalam makeup case ataupun tas kosmetik yang tertutup, asalkan produk kosmetik Anda tidak berada dalam suhu panas. Karena suhu panas dapat memecah kandungan yang ada dalam produk kosmetik, bahkan beberapa produk bisa rusak dan menyebabkan alergi ataupun bau yang tidak sedap.

Wah, mungkin sekarang Anda tetap berpikir bahwa yang penting selama belum benar-benar kering dan masih bisa digunakan, maka makeup Anda belum boleh dibuang. Harus irit? Eits… Kalau kulit atau bahkan wajah Anda sudah rusak, biayanya pasti tidak sedikit untuk memperbaikinya kembali, Jengs.***

 sumber : http://www.untukperempuan.com

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s