Tips Tepat Pakai Bedak

Berikut ini adalah jenis-jenis bedak dan tata cara pemakaiannya. Simak untuk membuat anda mempesona.

1. Loose Powder
Bedak ini dikenal dengan sebutan bedak tabur. Bentuknya menyerupai bubuk yang halus. Loose Powder lebih baik untuk digunakan setelah anda mengaplikasikan alas bedak.

Kelebihan: karena partikelnya yang halus, bedak ini mampu menyerap minyak di wajah dan menutupi pori-pori wajah lebih sempurna.

Kekurangan: bentuknya yang bubuk membuat bedak ini mudah tumpah dan kurang praktis karena umumnya Loose Powder tidak dilengkapi dengan kaca untuk melihat pengaplikasiannya. Batas waktu penggunaan maksimal adalah dua tahun.

2. Compact Powder
Bedak ini berbentuk padat dan digunakan setelah memakai alas bedak untuk hasil lebih maksimal.

Kelebihan: Cepat menyerap sekaligus mengurangi minyak. Bentuknya beragam dengan kemasan yang cantik dan tidak mudah tumpah hingga praktis dibawa kemana-mana.

Kekurangan: Bila dibubuhkan berulang-ulang dapat membuat wajah terlihat seperti memakai topeng. Sebaiknya sapukan tipis-tipis saja. Batas maksimal menggunakan bedak ini adalah 1,5 tahun.

3. Shimmering Powder
Bentuknya seperti Loose Powder, warnanya pun lebih beraneka ragam. Bedak ini juga mengandung glitter atau bubuk emas sehingga membuat kulit terlihat lebih kinclong. Bedak ini umumnya digunakan sebagai sentuhan akhir setelah selesai memakai bedak dasar. Bedak jenis ini bisa dipulaskan di punggung, leher, lengan jika Anda memakai pakaian terbuka.

Kelebihan: wajah dan tubuh tampak berkilau dan bercahaya. Tersedia dalam aneka warna dan sering digunakan oleh para make-up artist untuk memberikan tema pada riasannya.

Kekurangan: hanya bisa dipakai pada acara-acara khusus. Akan terlihat berlebihan jika Anda menggunakan Shimmering Powder jika hendak pergi ke pasar atau kantor. Penggunaan bedak ini maksimal 1,5 tahun.

4. Meteorite Powder

Bentuknya bulat kecil berwarna-warni bagai serpihan meteor angkasa. Digunakan setelah bermake-up sebagai sentuhan akhir agar wajah terlihat bersemu merah natural. Dipakai dengan memakai kuas besar, bukan dengan spons. Baiknya, sapukan ke seluruh wajah.

Kelebihan: wajah terlihat lebih bercahaya dan segar. Formulanya disesuaikan dengan kulit yang pucat ataupun cenderung gelap.

Kekurangan: selain harganya yang cenderung mahal, belum banyak produsen kosmetik yang mengeluarkan produk seperti ini. Namun jika anda mempunyainya, jangan dipakai lebih dari 2 tahun.

5. Two Way Cake Powder
Bentuknya mirip compact powder, tapi memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai bedak sekaligus foundation jadi Anda tidak perlu lagi memakai alas bedak. Yang terjadi malah akan membuat wajah Anda seperti topeng dan kaku. Namun harus tetap memakai moisturizer agar kulit tidak kering.

Bedak jenis ini biasanya dilengkapi dengan spons pada kemasannya. Jika anda ingin menggunakannya sebagai bedak, pakailah spons dalam keadaan kering. Bila ingin mengubahnya menjadi foundation, cukup basahi spons dan ratakan pada wajah.

Kelebihan: sangat praktis karena berfungsi sebagai bedak sekaligus alas bedak. Two Way Cake Powder juga dapat menutup pori-pori yang besar dan mampu menyerap minyak berlebih pada wajah anda.

Kekurangan: warna-warnanya cenderung terbatas. Bedak ini juga tidak mampu menutupi flek hitam di wajah sehingga aplikasi bedak tidak terlihat sempurna. Masa pemakaian hanya 1 tahun.

Tips:
1. Untuk memilih bedak sesuai warna kulit, caranya adalah dengan membubuhkan sedikit bedak tersebut di punggung tangan anda. Bila terlihat samar, artinya bedak tersebut sudah cocok dengan warna kulit anda.
2. Pilih warna bedak yang setingkat lebih terang dari warna kulit wajah anda.
3. Bubuhkan bedak beberapa menit setelah alas bedak mengering sehingga hasil riasan Anda lebih sempurna.
4. Jangan lupa untuk selalu mencuci kuas bedak seminggu sekali. Buang dan ganti puff bedak Anda bila terlihat sudah kotor. Puff bedak yang kotor dapat memicu timbulnya jerawat di wajah anda.

Sumber : http://www.waspada.co.id

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s